Line and Staff Authority
Pada sebagian organisasi saat ini pada umumnya mengkombunasikan dua bentuk wewenang yaitu line and staff authority.
Didalam perusahaan, departemen yang umumnya diklasifikasikan sebagai staf adalah mereka yang berada dalam departemen SDM, periklanan, public relation, dan bagian hukum.
Keuntungan line and staff authority :
Ø Staf menjadi sumber informasi teknis dan spesialisasi
Ø Terdapatnya spesialisasi kerja
Ø Menyandarkan jalur manager pada spesialisasi pekerjaan yang detail
Ø Fleksibilitas anggota staf yang dapat lintas jalur departemen
Kerugian line and staff authority :
Ø Staf spesialis mungkin akan tersinggung dengan adanya line manager staff karena posisi dan kekuasaan yang dimiliki
Ø Anggota staf dapat menyebabkan terjadinya friksi jika mereka mencoba mengambil wewenang langsung atas jalur personal
Ø Kebingungan dan penundaan dapat teripta jika tanggung jawab dari line dan staff tidak disebutkan dengan jelas
Manager staff umumnya tidak memiliki wewenang dalam mengambil keputusan atas line pekerja. Sebagi hasil anggota staf dalam beberapa organisasi mungkin merasa mereka sebagai pihak kedua, tidak memiliki status, kekuasaan atau pengaruh sebagaimana mereka yang berada didalam suatu line terutama gaji manager staf dengan line manager tentu saja lebih besar gaji line manager.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar