Selasa, 12 Oktober 2010

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR (ISD)


Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelah masalah – masalah social yang timbul dan berkembang dan juga merupakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.dengan demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapinya.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup dalam Ilmu Sosial Dasar adalah ruang lingkup yang mencangkup kehidupan sosial dan masyarakat. Seperti berbagai macam kegiatan sosial dalam masyarakat juga masalah yang timbul dalam masyarakat serta berbagai hal mengenai kanyataan sosial dan masyarakat.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar

     Ilmu sosial dasar bertujuan membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas. Untuk memahami dan menyadai adanya kenyataan sosial dalam masyarakat dan masalah social dalam masyarakat merupakan masalah yang kompleks. Serta untuk menjadika kita peka terhadap masalah sosial dan tanggap dalam menanggapinya


Fungsi Ilmu Sosial Dasar
  
Fungsi ilmu sosial dasar adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita  dalam menghadapi lingkungan sosial budaya dan dapat memberikan pengetahuan yang luas tentang ilmu sosial masyarakat, yang mana ilmu tersebut dapat kita aplikasikan pada kehidupan sehari – hari dimana terdapat macam – macam permasalahan yang kompleks yang timbul dalam hidup bermasyarakat. Dengan ditingkatkan sehingga kepekaan kita pada lingkungannya menjadi lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar